FKDM Rohil Hadiri Rakor FKDM Se-Provinsi Riau Seminar Nasional Dan Launching Sistem Lapsitda Riau Tahun 2023

ROHIL, rohilbertuah.com| Pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Provinsi Riau menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) FKDM se Provinsi Riau Seminar Nasional dan Launching Sistem Laporan Situasi Daerah atau disingkat Lapsitda.

Turut hadir diantaranya, M. Hotip Ketua FKDM Rohil, Sulisman, S.Pd.I., Sekretaris, Suprayetno Wakil Bendahara, Islianto Wakil Bendahara Harian dan Sukri (anggota).

“Alhamdulillah hari ini, Kami FKDM Rohil tiba di Pekanbaru menghadiri Rakor FKDM se-Provinsi Riau, Seminar Nasional dan Launching Sistem Lapsitda, ” Kata M. Hotip kepada mediapesisirnews.com.

Rakor FKDM Provinsi Riau, Seminar Nasional dan Launching Sistem Lapsitda Riau mengangkat tema “Tingkatkan Sinergitas dan Kewaspadaan Menyongsong Pemilu 2024” FKDM Provinsi Riau tahun 2023 di gelar di Balai Serindit Gubernuran Riau, Pekanbaru. Senin (4/9/2023).

Rakor dibuka langsung oleh Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau Masrul Kasmy mewakili Gubernur Riau H. Syamsuar M.Si, dihadiri FKDM se-Provinsi Riau.

Ia menyampaikan Pemerintah Provinsi Riau berharap dengan launching-nya Lapsitda dapat meningkatkan kinerja dan antisipasi Pemprov terhadap ancaman yang terjadi di masyarakat lebih cepat. Lapsitda merupakan sistem laporan situasi daerah berbasis web yang bisa diakses langsung oleh pemimpin daerah sehingga dapat mengambil keputusan secara cepat dan tepat.

“Tugas FKDM tidak jauh dari ancaman, tantangan, serta hambatan. Pemerintah Provinsi berharap, FKDM bisa melaksanakan tugas sebaik-baiknya menjaring, menampung, mengoordinasikan, dan mengomunikasikan data dan informasi dari masyarakat,” jelasnya.

Selain adanya potensi konflik politik, Masrul Kasmy juga mengingatkan tentang ancaman dalam penyalahgunaan narkotika dan kriminalitas lainnya. Masyarakat diharap siap dalam menyikapi permasalahan tersebut.

Masrul mengatakan, forum ini merupakan media yang mendorong dan memotivasi peran aktif masyarakat agar mereka waspada dengan berbagai hal.

“Dengan kewaspadaan dini, masyarakat diharap dapat mengenali dan mengetahui faktor pemicu terjadinya bencana,” terangnya.

Kepala Badan (Kaban) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Riau, Jenri Salmon Ginting mengatakan, FKDM merupakan forum dibawah naungan Kesbangpol bersama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK).

Jenri menjelaskan, Lapsitda dapat memberi akses langsung pada pimpinan untuk mendapatkan informasi yang detil, bukan hanya sekadar laporan biasa.

“Sistem ini (Lapsitda) sudah ada dan siap dipakai. Pimpinan daerah atau user, dalam hal ini gubernur dan wakil gubernur, bisa mengambil kebijakan secara cepat, tepat, dan berguna,” imbuhnya.

Kasubdit  Kewaspadaan Media dan Informasi Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Baginda Achmadsyah Lubis menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Riau dan Kesbangpol Provinsi Riau yang telah berkomitmen tentang upaya dalam mendukung kondusivitas di Provinsi Riau melalui kegiatan hari ini.

“Semoga dengan launching Lapsitda ini, pola kerja menjadi lebih mudah, efektif, dan inovatif dalam pelaksanaannya,” harapnya.

Baginda Achmadsyah berharap Tim Kewaspadaan Dini dapat menyikapi timbulnya masalah dan ancaman dari salah satu agenda penting nasional yaitu pemilu dan pilkada serentak. Diharapkan dapat menjaga keamanan, ketertiban, serta kerukunan nasional dengan langkah strategis, preventif, dan cegah dini.

 

 

Editor: Redaksi