Pembayaran Gaji Honor Daerah di SDN 004 Bagan Timur, Korwil Pendidikan Bangko Libatkan Pihak ke Tiga

ROHIL, rohil bertuah.com|Heboh, Koordinator Wilayah (Korwil) Pendidikan Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Provinsi Riau melakukan pembayaran gaji honor daerah melibatkan pihak ketiga alias bukan dari instansi Dinas.

Dari pantauan media, pembayaran gaji honor daerah di lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rohil lewat Korwil Pendidikan Kecamatan Bangko tersebut dipusatkan di salah satu ruang kelas (tempat belajar siswa) Sekolah Dasar (SD) Negeri 004 Bagan Timur, terletak di jalan Siak, Kecamatan Bangko, Bagansiapiapi.

Keterlibatan pihak ketiga dalam pantauan media dalam melakukan pembayaran gaji honor daerah ditempat tersebut adalah dari anggota Koperasi Karya Cipta Guna yang dikenal bergerak di bidang Simpan Pinjam atau biasa dikenal Wira Jaya.

Lebih komplit pembayaran yang dilakukan oleh anggota KSP Karya Cipta Guna alias Wira Jaya kepada penerima Honor Daerah yang notabene adalah guru honor di satuan Pendidikan se kecamatan Bangko lengkap dengan mesin penghitung uang serta dengan pengawalan dari satu orang oknum aparat untuk keamanan.

Kepala Sekolah SD Negeri 004 Bagan Timur, Jumiar ketika dikonfirmasi media lewat via whatsapp menyampaikan tidak sepenuhnya mengetahui hal tersebut lantaran dirinya saat itu sedang melaksanakan rapat diluar Sekolah.

” Semalam saya sempat dihubungi Korwil Bangko untuk meminjamkan ruang kelas ada kegiatan untuk hari ini, namun saya tidak tahu persis kegiatan apa, kebetulan hari ini libur makanya saya kasi, terlepas kegiatan apa saya kurang tahu pak, kerna saya saat ini sedang rapat diluar,” Kata Jumiar, Sabtu (15/06/2024).

Masih dilokasi, Salah seorang yang bersedia diwawancara awak media menyampaikan bahwa pembayaran honor daerah di SD Negeri 004 Bagan Timur tersebut telah dilakukan pemotongan pinjaman secara langsung oleh anggota KSP Wira Jaya.

” Alhamdulillah Honor Daerah yang kami terima dibayarkan selama dua bulan, bagi yang meminjam langsung dipotong oleh anggota Wira,” Kata sumber seorang bendahara di salah satu sekolah di kecamatan Bangko yang enggan disebutkan namanya.

Setelah sekian lama menunggu diakhir pembayaran gaji honor daerah, Kepala Korwil Pendidikan Bangko akhirnya berhasil dikonfirmasi media.

Kepala Korwil Bangko Lasmi ketika dikonfirmasi mengakui yang mana pembayaran gaji honor daerah se Kecamatan Bangko di SD Negeri 004 Bagan Timur tersebut dibayarkan oleh anggota KSP Wira Jaya yang faham dengan manajemen keuangan.

“Betul pak, Kami hari ini membayarkan seluruh gaji honor daerah se kecamatan Bangko, terdiri dari gaji honor sekolah TK (1), SD (29), SMP (6) dan honor Korwil 4 orang dan sejumlah operator,” Kata Lasmi.

Kepala Korwil Pendidikan Bangko itu ikut menjelaskan honor daerah yang dibayarkan oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dicairkan selama dua bulan terhitung bulan Maret sampai April 2024 yang dibayarkan sebesar Rp. 2.000.000, (dua juta rupiah) masing masing honorer guru.

“Sebelumnya semalam kami melakukan pencairan di Bank, hari ini baru dibayarkan kepada penerima honor daerah yang masing masing sebesar diatas bagi tenaga guru honor pemda, sementara operator beda tidak sama,” Kata Lasmi.

Kepala Korwil Pendidikan Bangko tersebut enggan menyampaikan berapa gaji operator yang dibayarkan dan juga terkesan menutupi jumlah keseluruhan tenaga honor daerah se kecamatan Bangko yang ikut dibayarkan dengan dalih tidak mengetahui secara persis lantaran masih baru menjabat sebagai Korwil kecamatan Bangko.

” Maaf Pak, untuk keseluruhan honor belum bisa saya sampaikan, saya masih baru jadi Korwil Pendidikan Bangko, saya harus buka data lagi, namun sebelumnya saya sampaikan pembayaran honor daerah dibayarkan lewat rekening namun saat ini mengingat Bank tutup maka kita bayarkan tunai,” Imbuhnya.

Ia juga mengakui pembayaran honor pemda tersebut turut meminta pengawalan dari salah satu aparat lantaran khwatir terjadi sesuatu yang tidak di inginkan dalam melakukan pembayaran gaji honorer se kecamatan Bangko ditempat tersebut.

” Soal ada aparat disini, itu kebijakan saya, maklumlah pak, saya khwatir terjadi sesuatu yang tidak di inginkan, duit kan banyak,” Seraya ketawa.

Korwil Pendidikan Bangko tersebut ikut mengakui sebuah kebijakan darinya pembayaran dilakukan disekolah SD Negeri 004 Bagan Timur dengan alasan kantor Korwil Pendidikan yang terletak di Batu Enam, sangat jauh dari jangkauan penerima gaji honor daerah.

” Kenapa pembayaran di sini kami lakukan, pertama, disini lebih terjangkau dengan penerima honor daerah, di Kantor Korwil Pendidikan Bangko kan jauh di Batu Enam Sana, kasian kita kan pak, dan ini adalah kebijakan saya,” Pungkasnya.

 

Editor: ….